JAGOSTAT.COM

JAGOSTAT.COM

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Teori Peluang » Peubah Acak › Peubah Acak Diskrit dan Kontinu
Peubah Acak

Peubah Acak Diskrit dan Kontinu

Jika suatu ruang sampel mengandung titik yang terhingga banyaknya, maka ruang sampel itu disebut ruang sampel diskret dan peubah acak yang didefinisikan tersebut disebut peubah acak diskrit.


Oleh Tju Ji Long · Statistisi

Sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian peubah acak. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan mengenai dua jenis peubah yaitu peubah acak diskrit dan kontinu.

Berikut ini definisi untuk peubah acak diskrit dan kontinu.

DEFINISI 1: Peubah Acak Kontinu

Jika suatu ruang sampel mengandung titik yang terhingga banyaknya atau sederetan anggota yang banyaknya sebanyak bilangan bulat, maka ruang sampel itu disebut ruang sampel diskret dan peubah acak yang didefinisikan tersebut disebut peubah acak diskrit.

Beberapa contoh peubah acak diskrit misalnya:

  1. X: Banyaknya kecelakaan mobil per tahun di Jakarta
  2. Y: Banyaknya SIM dikeluarkan tiap bulan di suatu kota tertentu.
  3. Z: jumlah pengunjung toko dari jam 09-00-10.00, R = {x|x: 1,2,3,..}

DEFINISI 2: Peubah Acak Kontinu

Bila ruang sampel mengandung titik sampel yang takberhingga banyaknya dan banyaknya sebanyak titik pada sepotong garis, maka ruang sampel itu disebut ruang sampel kontinu dan peubah acak yang didefinisikan tersebut disebut peubah acak kontinu.

Dalam kebanyakan persoalan praktis, peubah acak kontinu menyatakan data yang diukur, seperti seluruh kemungkinan tinggi, berat, temperatur, jarak atau jangka hidup, sedangkan peubah acak diskret menggambarkan data cacah, seperti banyak barang yang cacat dalam sampel sebesar k barang atau banyak korban meninggal di suatu jalan raya per tahun.

Artikel Terkait

A man without a smiling face must not open shop.