JAGOSTAT.COM

JAGOSTAT.COM

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Metode Statistika I » Ukuran Pemusatan Data › Rata-Rata Tertimbang
Rata-rata

Rata-Rata Tertimbang

Rata-rata hitung tertimbang adalah rata-rata dari sekumpulan data yang diperoleh dengan memberikan timbangan atau bobot terhadap setiap nilai data tersebut.


Oleh Tju Ji Long · Statistisi

Rata-rata hitung tertimbang adalah rata-rata dari sekumpulan data yang diperoleh dengan memberikan timbangan atau bobot terhadap setiap nilai data tersebut. Kita tahu bahwa rata-rata hitung untuk data tidak tertimbang dapat diperoleh secara langsung dari nilai-nilai data yang ada, tanpa memerhatikan ‘kepentingan relatif’ (relative importance) antar nilai data yang ada.

Sebaliknya, rata-rata tertimbang (weighted average) adalah rata-rata hitung yang diperoleh dengan memperhitungkan timbangan/bobot untuk setiap datanya. Rata-rata hitung tertimbang diperoleh dengan cara yang hampir sama dengan cara menghitung rata-rata hitung tidak tertimbang. Hanya saja dalam rata-rata hitung tertimbang nilai setiap unit pengamatan dikalikan dulu dengan besaran penimbang lalu dijumlahkan, dan jumlah ini dibagi dengan jumlah timbangan.

Rumus dari rata-rata hitung tertimbang yaitu sebagai berikut:

\[ \overline{X} = \frac{∑_\limits{i=1}^n w_i X_i}{∑_\limits{i=1}^n w_i } \]

di mana:

\(\overline{X}=\) rata-rata tertimbang

\(X_i =\) nilai pengamatan ke-i

\(w_i =\) penimbang atau bobot dari nilai pengamatan ke-i

Dalam hal tertentu, rata-rata tertimbang lebih tepat digunakan dibandingkan dengan rata-rata tidak tertimbang. Apabila data yang akan kita hitung mempunyai bobot/timbangan, tetapi dihitung rata-ratanya tanpa memperhatikan timbangan tersebut, maka hasilnya akan tidak akurat.

Oleh karena itu, penghitungan rata-rata untuk data yang memiliki timbangan (weight) akan lebih tepat apabila dihitung menggunakan rata-rata hitung tertimbang (weighted average).

Artikel Terkait

One machine can do the work of 50 ordinary men. No Machine can do the work of extraordinary man.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: