JAGOSTAT.COM

JAGOSTAT.COM

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Metode Statistika I » Ukuran Penyebaran Data › Arti dan Kegunaan Ukuran Penyebaran Data
Ukuran Dispersi

Arti dan Kegunaan Ukuran Penyebaran Data

Penyajian data dengan hanya mengandalkan ukuran pemusatan data tidaklah cukup untuk menggambarkan sekumpulan data dan bahkan bisa menyesatkan. Untuk menghindari hal ini diperlukan informasi lain berupa variasi atau penyebaran data.


Oleh Tju Ji Long · Statistisi

Beberapa ukuran pemusatan data seperti rata-rata, median dan modus merupakan alat yang baik untuk menggambarkan sekumpulan data. Namun demikian, informasi yang disampaikan dari ukuran tersebut tidaklah cukup untuk menggambarkan sekumpulan data bahkan parahnya lagi bisa menyesatkan.

Sebuah contoh klasik berikut mungkin dapat menggambarkan apa yang saya maksudkan di atas.

Misalkan pada suatu hari terdapat suatu kelompok tentara yang berencana akan menyeberangi sungai. Dari informasi yang diperoleh diketahui bahwa dalamnya sungai secara rata-rata adalah 1,4 meter. Selain itu, juga diketahui bahwa tidak ada tentara yang tingginya di bawah 1,4 meter.

Jika hanya berdasarkan informasi ini dan kemudian diambil keputusan untuk menyeberangi sungai, maka yang terjadi adalah bisa saja sebagian tentara yang tidak bisa berenang akan tenggelam. Mengapa?

Hal ini dikarenakan dalamnya beberapa titik/bagian sungai tidaklah sama atau bervariasi. Dengan kata lain, ada bagian tertentu dari sungai tersebut yang dalamnya mungkin sekitar 1,8 meter atau lebih dari itu. Oleh karena itu, tidak heran jika mungkin saja ada anggota tentara yang tenggelam karena mempunyai tinggi di bawah tinggi sungai.

Contoh klasik di atas menyadarkan kita bahwa penyajian data dengan hanya mengandalkan ukuran pemusatan data tidaklah cukup untuk menggambarkan sekumpulan data dan bahkan cenderung bisa menyesatkan. Untuk menghindari hal ini diperlukan informasi lain mengenai variasi atau penyebaran data.

Dalam contoh di atas kita memerlukan informasi lain berupa variasi dari kedalaman sungai tersebut. Andaikan informasi ini tersedia sejak awal maka kecelakaan tenggelamnya anggota tentara tidak akan terjadi.

Setelah memahami penjelasan di atas, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara mengukur variasi data? Ada berbagai ukuran dispersi (ukuran untuk menggambarkan variasi atau penyebaran data), masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Kita akan membahasnya satu per satu pada artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Great things are done by a series of small things brought together.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: