JAGOSTAT.COM

JAGOSTAT.COM

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Metode Statistika I » Ukuran Penyebaran Data › Range Data Berkelompok dan Tidak Berkelompok
Range Data

Range Data Berkelompok dan Tidak Berkelompok

Range atau jangkauan merupakan ukuran penyebaran data yang paling sederhana. Range adalah selisih antara nilai yang terbesar dan nilai yang terkecil.


Oleh Tju Ji Long · Statistisi

Range atau jangkauan merupakan ukuran penyebaran data (measure of dispersion) yang paling sederhana. Range dapat diperoleh dari selisih antara nilai yang terbesar (maksimum) dan nilai yang terkecil (minimum).

Karena hanya mengandalkan nilai yang paling ekstrim yakni nilai maksimum dan nilai minimum dari data, ukuran range atau jangkauan sangat sensitif terhadap outlier atau nilai pengamatan yang amat berbeda dari keseluruhan nilai pengamatan. Selain itu, range tidak memberikan informasi apapun terkait distribusi dari data.

Untuk menentukan range dari data berkelompok, dapat dilakukan dengan dua cara berikut: (i) Selisih titik tengah kelas tertinggi dengan titik tengah kelas terendah, (ii) Selisih tepi atas kelas tertinggi dengan tepi atas kelas terendah.

Artikel Terkait

Continuous improvement is better than delayed perfection.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: