JAGOSTAT.COM

JAGOSTAT.COM

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Statistika Matematika I » Distribusi Sampling › Konsep Sampel Acak dan Distribusi Sampel Acak
Peubah Acak

Konsep Sampel Acak dan Distribusi Sampel Acak

Oleh Tju Ji Long · Statistisi

Misalkan terdapat sebuah populasi dengan rata-rata \(μ\) dan varians \(σ^2\). Andaikan kita mengambil sampel yang berbeda dengan ukuran sama \((n)\) dari populasi tersebut dan menghitung rata-rata untuk tiap sampel terpilih \((\overline{x}_i)\), seperti ditunjukkan pada Gambar 1 berikut.

Gambar

Gambar 1. Dari populasi ke distribusi sampling

Perhatikan bahwa tiap sampel akan menghasilkan rata-rata sampel yang berbeda. Jika kita menggunakan sampel untuk membuat sejumlah kesimpulan mengenai populasi, maka tentu saja kesimpulan kita akan bergantung pada sampel mana yang terpilih.

Dalam proses pembuatan kesimpulan dari suatu sampel terhadap suatu populasi, kita biasanya menghitung satu atau lebih statistik, seperti rata-rata, proporsi, atau varians, yang diperoleh berdasarkan sampel terpilih.

Selain itu, karena sampel dipilih secara acak, nilai dari statistik tersebut berubah dari sampel ke sampel yang lain. Oleh karena itu, statistik sampel (misalnya, rata-rata, proporsi, atau varians) itu sendiri merupakan sebuah peubah acak dan perilakunya bisa dimodelkan dengan distribusi peluang, atau dikenal sebagai distribusi sampling.

Adapun sebaran dari distribusi sampling diukur dengan standar deviasi (standard deviation). Standar deviasi dari distribusi sampling suatu statistik dikenal sebagai standar error statistik.

Distribusi Sampling

Distribusi sampling adalah distribusi peluang dari suatu statistik sampel.

Standard Error

Standar Error adalah standar deviasi dari distribusi samping suatu statistik

Artikel Terkait

To be successful, you must act big, think big and talk big.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php72/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: