JAGOSTAT.COM

JAGOSTAT.COM

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Matematika Dasar » Geometri › Transformasi Geometri
Geometri

Transformasi Geometri

Transformasi geometri adalah bagian dari geometri yang membicarakan perubahan letak maupun bentuk. Terdapat empat jenis transformasi pada bidang, yaitu translasi (pergeseran), refleksi (pencerminan), rotasi (perputaran), dan dilatasi (perkalian).


Oleh: Tju Ji Long · Statistisi

Transformasi geometri adalah bagian dari geometri yang membicarakan perubahan letak maupun bentuk. Ada empat macam transformasi pada bidang, yaitu translasi (pergeseran), refleksi (pencerminan), rotasi (perputaran), dan dilatasi (perkalian).

Translasi, refleksi, dan rotasi disebut transformasi isometri, yaitu transformasi yang menghasilkan bayangan bangun yang kongruen dengan bangun semula. Namun, dilatasi menghasilkan bayangan (bangun hasil) yang berbeda dengan bangun semula, yaitu diperbesar atau diperkecil.

Pembahasan untuk masing-masing dari empat jenis transformasi tersebut cukup panjang. Oleh karena itu, penjelasannya akan dibahas pada artikel terpisah. Klik pada link yang diberikan berikut untuk mempelajari lebih lanjut.

Sumber:

Sunardi, Slamet Waluyo & Sutrisna. 2014. Konsep dan Penerapan Matematika SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Artikel Terkait

Time is free, but it’s priceless. You can’t own it, but you can use it. You can’t keep it, but you can spend it. Once you’ve lost it you can never get it back.