JAGOSTAT.COM

JAGOSTAT.COM

Website Belajar Matematika & Statistika

Website Belajar Matematika & Statistika

Official Statistics   »     ›  Apa Itu Official Statistics?

Apa Itu Official Statistics?

Official statistics atau statistik resmi adalah statistik yang dikumpulkan, dihasilkan, dan dipublikasikan atau diseminasikan oleh lembaga/instansi pemerintah.


Oleh Tju Ji Long · Statistician & Content Writer

14 Mei 2022

Official statistics atau statistik resmi adalah statistik yang dikumpulkan, dihasilkan, dan dipublikasikan atau diseminasikan oleh lembaga/instansi pemerintah. Official statistics memberikan informasi yang mencakup banyak area utama dalam kehidupan kita, seperti perkembangan ekonomi dan sosial, kondisi pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sebagainya.

Official statistics telah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari dan dapat dijumpai di mana-mana: di surat kabar, televisi, radio, sosial media, saat presentasi, diskusi, maupun rapat kerja. Official statistis telah menjadi semacam “barang publik” yang digunakan baik untuk memberikan informasi penting terkait situasi dan tren perkembangan di masyarakat maupun untuk menilai kinerja pembangunan secara obyektif.

Hampir setiap negara di dunia ini mempunyai setidaknya satu lembaga/instansi pemerintah yang dikhususkan untuk menangani atau menyediakan data official statistics. Di Indonesia, lembaga/instansi pemerintah yang diberikan kewenangan untuk menyediakan data official statistics secara rutin adalah Badan Pusat Statistik (BPS). Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Berikut adalah beberapa data official statistics penting yang dipublikasikan oleh BPS secara rutin:

  1. Indeks pembangunan manusia (human development index), untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia.
  2. Jumlah dan persentase kemiskinan, untuk mengetahui jumlah dan persentase penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan.
  3. Jumlah dan persentase pengangguran, untuk mengetahui jumlah dan persentase penduduk yang tidak bekerja terhadap angkatan kerja.
  4. Koefisien gini atau gini ratio, untuk mengukur tingkat ketimpangan./li>
  5. Produk domestik regional bruto (PDRB)/pertumbuhan ekonomi, untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu wilayah/negara.
  6. Indeks Harga Konsumen dan Inflasi, untuk mengetahui perkembangan harga-harga yang terjadi di masyarakat.

Sebenarnya masih banyak lagi data official statistics lainnya yang dirilis oleh BPS, tetapi kita tidak akan membahas semuanya di sini. Untuk Anda yang penasaran, silahkan kunjungi laman resmi BPS di www.bps.go.id.

Manfaat Official Statistics

Official statistics mempunyai peran sangat penting bagi banyak kalangan baik itu pemerintah, peneliti, praktisi, masyarakat, maupun mahasiswa.

  1. Bagi pemerintah, data official statistics mempunyai banyak manfaat terutama sebagai dasar dalam membuat perencanaan dan pengambilan keputusan dan kebijakan, serta sebagai bahan untuk evaluasi dan monitoring kebijakan yang telah diambil pemerintah.
  2. Bagi peneliti, data official statistics digunakan untuk pembuktian teori, pengujian hipotesis, atau memberi jawaban atas suatu rumusan masalah.
  3. Bagi praktisi, data official statistics memberikan informasi penting untuk memecahkan banyak masalah atau sebagai bahan pendukung dalam mengambil keputusan.
  4. Bagi masyarakat umum, data official statistics memberikan informasi perkembangan terkini yang terjadi di masyarakat. Selain itu, data official statistics juga dapat digunakan untuk memantau kinerja pemerintahan yang sedang berlangsung.
  5. Bagi mahasiswa, data official statistics untuk bahan penyusunan tugas akhir.
10 Prinsip Dasar dalam Official Statistics

Setiap lembaga/instansi pemerintah di seluruh dunia yang diberikan kewenangan dalam menghasilkan data official statistics perlu memegang teguh dan patuh pada sepuluh prinsip pokok penyelenggaraan statistik atau 10 Fundamental Principles of Official Statistics. Berikut adalah ringkasan dari kesepuluh prinsip tersebut:

  1. Relevansi, Ketidakberpihakan, dan Akses yang Sama
  2. Standar dan Etika Profesi
  3. Akuntabilitas dan Transparansi
  4. Pencegahan Penyalahgunaan
  5. Sumber Statistik Resmi
  6. Kerahasiaan
  7. Legislasi (Undang-undang/Dasar Hukum)
  8. Koordinasi Nasional
  9. Penggunaan Standar Internasional
  10. Kerjasama Internasional
Sumber Data Official Statistics

Pada umumnya, data official statistics yang dirilis atau diseminasikan oleh lembaga/instansi pemerintah diperoleh dari berbagai sumber, utamanya dari survei, sensus, kompilasi produk administrasi, dan cara lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Artikel Terkait

If you can be anything in this world, be kind.