JAGOSTAT.COM

JAGOSTAT.COM

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Website Belajar Statistika: Konsep, Teori, dan Penerapan

Statistika » Mengapa Kita Perlu Belajar Statistika?

Mengapa Kita Perlu Belajar Statistika?

Statistical thinking will one day be as necessary a qualification for efficient citizenship as the ability to read and write. — Herbert George Wells

...

Oleh Tju Ji Long · Statistisi

Statistika atau ilmu statistik adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari prosedur pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data. Di era revolusi industri keempat (4.0) di mana teknologi terus berkembang dengan pesat, data berperan sangat penting. Teknologi canggih berbasis data terus bermunculan dan telah banyak mengubah kebiasaan atau pola hidup kita.

Misalnya, penggunaan jasa transportasi berbasis aplikasi untuk menuju tempat kerja, pemesanan makanan via aplikasi, dan pemakaian uang elektronik untuk transportasi publik, permainan/game online, dan lainnya. Dari setiap aktivitas itu data kita dikumpulkan dan diolah menjadi sumber informasi yang berharga bagi perusahaan untuk pengambilan keputusan terkait strategi marketing, periklanan, dan layanan konsumen.

Data-data yang dikumpulkan tersebut sering kali masih dalam bentuk data mentah. Oleh karena itu diperlukan proses pengolahan terlebih dahulu sebelum menjadi informasi yang berguna. Proses pengolahan data mentah menjadi informasi berharga banyak menggunakan ilmu statistik.

Di sisi lain, statistik juga kerap digunakan untuk menunjukkan fakta atau memberikan informasi terkait apa yang sedang terjadi. Penggunaan statistik untuk alasan ini banyak digunakan oleh berbagai media masa, baik media cetak maupun media elektronik.

Istilah statistik juga kerap ditemukan dalam berbagai bentuk acara, seperti press release, seminar, dan lokakarya. Misalnya, Anda mungkin membaca di surat kabar atau majalah tentang statistik pertumbuhan ekonomi yang memberikan gambaran mengenai kondisi perekonomian atau ketika menghadiri seminar, Anda mungkin akan mendengar para narasumber menyampaikan sejumlah statistik terkait topik yang akan disampaikan.

Maka itu, tak heran jika Herbert George Wells mengatakan bahwa “Statistical thinking will one day be as necessary a qualification for efficient citizenship as the ability to read and write”. Pernyataan ini bukan tanpa alasan mengingat peran statistik sudah semakin nyata dalam kehidupan kita. Ini membuat kita mau tak mau harus mempunyai pemahaman dasar (basic understanding) terkait statistik. Pemahaman terhadap statistika atau ilmu statistik menjadi penting bagi siapa saja.

Jika kalian ingin belajar statistika, maka website ini mungkin dapat sedikit membantu. Materinya berisi kumpulan catatan saya selama kuliah. Semoga bermanfaat.